Yuk, Perindah Interior Rumah dengan Kreasi Unik Berbahan Semen yang Mudah Dibuat Sendiri Ini!

IKLAN 336x280
IKLAN TENGAH

Rumah yang indah akan menyenangkan hati orang-orang di dalamnya. Salah satu cara mempercantik rumah adalah dengan menghias interiornya.
Hiasan interior rumah dapat berupa berbagai macam barang kerajinan, misalnya yang berbahan baku semen.

Berikut kreasi unik berbahan semen untuk hiasan interior rumah yang bisa Anda buat sendiri.

1. Kreasi patung dari cetakan fiber dan semen
Salah satu hiasan yang bisa memberi kesan artistik adalah patung. Kita bisa membuat patung dari bahan utama semen dan fiber. Bahan fiber dapat digunakan sebagai cetakan untuk membuat semen mudah dibentuk seperti yang kita inginkan. Satu hal yang perlu diperhatikan, Anda perlu membeli cetakan dalam dua sisi yaitu kanan dan kiri serta dilubangi di satu bagian (sebagai jalan memasukan semen dan air). Kedua sisi cetakan itu kemudian saling ditempel dengan lakban. Tujuannya untuk memudahkan membuka cetakan ketika semen telah mengering. Mudah, kan?
2. Desain lantai menggunakan batu koral sikat
Batu koral memiliki kecantikan tersendiri dengan berbagai warna dan bentuk yang mirip. Kita bisa memanfaatkannya untuk memberi kesan mozaik di lantai atau lantai rumah. Agar desain tergarap rapi, hendaknya berilah batas pola dan corak batu koral yang akan digunakan. Bisa memakai papan kayu atau triplek tipis. Baru untuk merekatkan ke lapisan bawah, kita menggunakan semen yang kuat dan kokoh.

3. Hiasan semen berbentuk daun
Hiasan ini dapat berguna sebagai kolam kecil. Kalau di luar negeri seperti negara-negara Eropa, biasa dipakai untuk tempat mandi burung-burung di taman. Cara membuatnya adalah memakai daun yang lebar lalu permukaannya ditutupi dengan semen sampai kering. Bila ingin membuat efek cekung, permukaan yang tidak ditutupi semen hendaknya diganjal dengan sebuah benda melengkung. Bisa memanfaatkan serbuk serpihan kayu yang telah diperhalus atau pasir. Setelah kering, Anda bisa mempertegas lekuk daun semen dengan mengoleskan furnish.

4. Pot tanaman bentuk variatif
Prinsip pembuatannya mirip dengan membuat hiasan patung di atas. Kita bisa memanfaatkan cetakan. Perbedaannya hanyalah sisi untuk merekatkan cetakan. Bila patung menggunakan dua sisi kanan dan kiri, cetakan pot memakai sisi atas dan bawah. Sisi atas adalah bagian lubang yang digunakan untuk menanam tumbuhan. Makin banyak bentuk yang akan kita buat, makin banyak cetakan yang dibutuhkan.

5. Pernik cantik gantungan dinding
Masih dengan memanfaatkan cetakan, kita juga bisa membuat pernak-pernik atau aksesoris mungil. Karena bentuknya mungil, kita bisa banyak berkreasi dengan mengutak-atik bermacam bentuk. Mewarnai pernak-pernik ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi bila dilakukan bersama keluarga kokoh Anda.
Bagaimana? Ternyata semen juga mampu membantu mewujudkan rumah impian dengan kreativitas, bukan?
IKLAN 336x280
Previous
Next Post »