Jus Tempe Tren Baru Pengganti Yoghurt, Khasiatnya lebih dahsyat!

IKLAN 336x280
IKLAN TENGAH
Jus Tempe Tren Baru Pengganti Yoghurt, Khasiatnya lebih dahsyat!

Mungkin Anda dibuat bingung dengan judul yang ada di atas. Bagaimana mungkin tempe yang selama ini dijadikan lauk makan dapat menjadi jus yang lebih sehat dari Yoghurt.
Jika Anda tidak percaya, maka perlu membaca tulisan ini sampai selesai.
Dikutip dari Kompas.com, seorang Guru Besar Departemen Ilmu Teknologi Pangan IPB yang juga Ketua Forum Tempe Indonesia (FTI), Made Astana menyatakan, tempe memiliki kandungan prebiotik yang lebih tinggi dibandingkan dengan yoghurt. Bahkan bisa tetap terjaga jika Anda mampu mengolahnya dengan benar.
Cara yang paling baik agar nutrisi yang ada di dalam tempe tetap utuh, maka salah satu cara pengolahan terbaik adalah dengan dijadikan jus.
Jus Tempe


Andri, seorang Koordinator Produksi Rumah Tempe Indonesia memberikan cara untuk membuat jus tempe yang enak untuk dikonsumsi.
Caranya adalah dengan mencampur tempe dengan buah-buahan pilihan seperti mangga, kurma, pisang, atau buah naga. 
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memotong tempe mentah menjadi bentuk dadu. Pilihlah tempe yang masih segaratau bari dibeli untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Langkah yang kedua mulailah untuk mengukus tempe selama 10 menit, sampai air kukusan tersebut mendidih dan tempe yang ada di dalamnya mulai layu. Pengukusan tempe berguna untuk menghilangkan bau tempe pada saat dijus.
Kemudian Anda bisa memasukkan potongan tempe tersebut ke dalam blender bersama dengan pilihan buah yang disukai. Jangan lupakan untuk menambahkan air dan es batu sebelum mencampur tempe dan buah-buahan.
Perbandingan tempe dan buah yang tepat adalah 1 : 2, sebagai contohnya Anda memasukkan tempe dengan berat 100 gram artinya buah-buahan yang ikut dicampur harus berada pada kisaran 200 gram.


Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan rasa manis alami yang diperoleh dari tambahan buah yang Anda campurkan. Sehingga tidak perlu lagi menambahkan gula sebagai pemanis jus tempe.
Jika telah selesai, jus tempe sudah bisa Anda nikmati untuk menemani santai di sore hari. Bahkan Anda bisa juga menggunakan resep ini sebagai teman untuk berbuka puasa sore nanti.
IKLAN 336x280
Previous
Next Post »