Estetika Bukaan dan Jendela

IKLAN 336x280
IKLAN TENGAH
Jendela lingkaran yang tampak padu dengan perabot dalam rumah

Jendela menjadi elemen transisi dari desain arsitektur dan interior yang menghubungkan baik secara visual dan fisik, satu ruang ke ruang lain, maupun bagian dalam dengan luar. Tak sekedar bingkai pandangan, yang siap menerangi ruang di siang hari dan memberi ventilasi, jendela juga sangat berperan dalam memberikan nilai estetika, baik secara interior maupun arsitektural. 
Sebagai penunjang estetika, desain jendela tidak hanya terpaku pada bentuk kotak yang ditempatkan sebanyak dua lubang pada tiap bagian dari rumah. Desain jendela bisa hadir dalam beragam bentuk dan ukuran, disesuaikan dengan fungsi, kebutuhan dan keinginan. 
Ada jendela polos dengan satu atau beberapa daun pintu, dengan tulang rangka jendela terbuat dari kaca, logam, atau aluminium, dan lebar kaca tersebut memanjang dari atas ke bawah. Ada pula daun jendela bertulang rangka material kayu, logam, atau aluminium, yang dihiasi kaca bergambar berwarna-warni atau kaca dekoratif.
TIPS
•    Pastikan bentuk dan ukuran jendela Anda sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Ukuran jendela terkait dengan komposisi bangunan
•    Memadukan desain jendela bisa membuat tampilan rumah berbeda, misal jendela mati dan berventilasi. 
•    Perhatikan kesan yang diciptakan dari bentuk bukaan. Jendela “kurus” dan vertikal akan memberi kesan tinggi pada fasad rumah atau ruangan. Jendela horizontal akan membuat kesan lebih lebar dan besar, sedangkan bentuk segi empat dan lingkaran, menampilkan kesan dinamis.
IKLAN 336x280
Previous
Next Post »